ilustrasi - dirumahaja ala traveler

7 Tips Pelajar Memanfaatkan waktu #DiRumahAja ala Traveler

Pernah nggak nanya, kalo yang hobinya keliling atau jalan-jalan apa nggak bosan ya, di rumah aja? Apalagi seorang traveler? Mau keluar, mikir-mikir dulu, rawan terpapar korona dan akses jalan dan wisata banyak yang ditutup. Bagaimana mereka mengisi kegiatan dirumahaja ala traveler?

Nah, untuk menghindari kebosanan saat #dirumahaja, mimin punya tips nih, biar Sobat Bias nggak bosan selama dirumahaja ala traveler dan tetep bisa belajar loh…

Siapa tahu, setelah pandemik korona selesai Aamiin, kalo bisa segera Ya Allah,.. Aamiin paling serius dan paling kenceng…hehehe…  bisa melakukan traveling ke beberapa daerah di Indonesia.

Mempelajari Peta

Bagi kalian yang hobi untuk traveling, dimasa pandemi ini kita manfaatkan untuk mempelajari peta daerah yang potensial untuk dijelajahi. Dengan itu, kita lebih mudah untuk menelusuri jalur yang bisa dipakai, jalan mana saja dan alternatif daerah lain.

Dan akan berguna sebagai wawasan umum mengenai nama kota dan letak geografisnya. Mungkin bisa menjadi metode belajar yang menyenangkan untuk pelajaran Geografi terkait materi Peta.

Baca Juga: Sukses Manajemen Waktu UTBK

Jelajah dengan Google Street View

Nggak mungkin kan, berjelajah saat karantina wilayah? Yang bisa kita lakuin sementara ini adalah memanfaatkan google street view. Dengan ini, Sobat Bias bisa sedikit merasakan situasi kota, jalan raya dan potret keramaian di suatu daerah tertentu.

Kalau rencana yang dituju adalah wilayah perkotaan dan spot foto jalanan akan sangat banyak membantu, tapi kalo rencana traveling ke pegunungan, mungkin bisa membantu untuk jalan yang dilewati menuju tempat tersebut.

Mendalami Keadaan Alam Suatu Daerah

Selain, mempelajari peta, alangkah baiknya jika mempelajari juga keadaan alamnya. Dengan mengetahui kondisi alam sekitar, memudahkan Sobat Bias dalam persiapan bekal yang pas selama traveling. Dan pengetahuan ini akan mendukung Sobat Bias dalam menambah semangat belajar di mapel geografi atau biologi.

Mempelajari Kehidupan Sosial Masyarakat

Saat berada di wilayah yang berbeda dengan daerah kita, sering dijumpai kultur budaya masyarakat yang berbeda. Bisa jadi, apa yang dipandang baik didaerah kita akan berarti lain untuk di daerah yang kita singgahi.

Oleh karena itu, selama dirumahaja ala traveler penting juga memahami kehidupan sosial masyarakatnya. Minimal membantu dalam memahami teori interaksi sosial dan sistem budaya masyarakat, hehehe…

Bahasa Asing

Sobat Bias yang berkeinginan untuk traveling ke luar negeri, mumpung nih lagi #dirumahaja bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa asing semaksimal mungkin. Sekarang banyak kanal youtube yang menyediakan layanan gratis untuk belajar bahasa asing. So, rebahan kalian akan berfaedah, wkwkwkwk…. Berawal dari rebahan berakhir dalam penjelajahan, .. asyeeekk…

Follow Media Sosial Traveler

Tak lengkap kalo tidak follow akun media sosial para traveler. Mengapa? Ya biar kita tahu review daerah yang ingin kita kunjungi, makanan yang enak disana apa, penginapan yang murah meriah dan aman ada dimana, dan yang paling penting lokasi fotogenik di sebelah mana, wkwkwkwk…

Olahraga

Yaps, terakhir adalah hal klise dan terberat bagi para kaum rebahan fanatik, kaum fundamentalis rebahan, wkwkwkwk,… Menggerakkan tubuh untuk menjaga kebugaran sangat penting dilakukan apalagi bagi para calon traveler. Bagaimana mau traveling kalo sakit-sakitan? Bener nggak?

Baca Juga: Belajar dengan Mudah dan Efektif di Era Milenial

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *