civil-engineering

Mau Pilih Jurusan yang Prospektif ? Ini yang Harus Kamu Tahu tentang Teknik Sipil

Sobat BIAS, masih bingung nentuin jurusan kuliah? Atau pengen jurusan tertentu, tapi saingannya banyak. Obrolan seputar ulas jurusan yang sering digandrungi, yaitu jurusan teknik sipil. Yups, episode kali ini akan  dibahas  cabang-cabang ilmu teknik sipil. Berikut 5 cabang ilmu teknik sipil:

1. Manajemen Konstruksi

Cabang ini mempelajari manajemen dalam sebuah pekerjaan konstruksi, misalnya mengatur biaya atau keuangan, mengatur waktu pembangunan agar selesai tepat target waktu dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan manajemen dalam perencanaan sebuah bangunan.

2. Geoteknik

Ahli geoteknik menganalisa sifat tanah dan menentukan apakah tanah di suatu  tempat baik dan cocok untuk mendirikan sebuah bangunan. Ilmu ini mempelajari mendalam mekanika tanah, mekanika batuan, teknik fondasi, struktur bawah tanah dan batuan.

3. Transportasi

Mahasiwa teknik sipil juga dibekali dengan ilmu sistem transportasi, termasuk perencanaan dan penerapannya dalam kehidupan. Hal ini bertujuan agar lulusan teknik sipil memiliki ilmu yang dapat diterapkan dalam pembuatan jalan tol, jalan raya, kontruksi bandara, pembangunan pelabuhan dan sarana transportasi lainnya.

4. Hidrologi/Hidrolika

Mahasiswa teknik sipil juga mempelajari mengenai air. Pelajaran hidrolika ini membahas distribusi, masalah, penanganan dan pengawasan perairan. Ilmu ini kelak akan diterapkan dalam pembangunan yang berhubungan dengan bangunan air, contohnya waduk, bendungan dan pelabuhan. Selain itu, ilmu ini juga digunakan untuk irigasi dan drainase kota.

5. Stuktur Bangunan

Di dalamnya membahas tentang bahan bangunan, contohnya kaca, kayu, baja, beton, dan lain-lain. Pembahasan ini bertujuan agar mahasiswa teknik sipil mengetahui seperti apa sifat-sifat bahan bangunan yang baik dan cocok untuk dipakai sebagai bahan suatu pembangunan.

Nah berikut cabang-cabang ilmu teknik sipil, jadi siap-siap belajar keilmuan di atas.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Comments are closed.