pelaku gap year yang mendapatkan pemasukan

Gap Year Tapi Tetep Punya Pemasukan, Emangnya Bisa?

Gap year yang punya pemasukan – Memutuskan untuk mengambil gap year merupakan sebuah keputusan yang berat. Banyak omongan negatif datang dari tetangga maupun teman kita sendiri. Mengambil gap year berarti mencoba berdamai dengan segala resiko yang mungkin terjadi. No Risk, No Magic. Namun, pernah nggak sih Sobat Bias merasa ingin memiliki pemasukan ketika cuti kuliah? Biar kalau jajan tidak repot-repot meminta kepada orang tua terus-terusan? Hal-hal berikut ini patut dicoba, Sob!

Begini cara buat kalian yang Gap Year dan mau punya pemasukan

1. Mengikuti Lomba

Di saat pandemi seperti ini, kebanyakan lomba secara daring diadakan. Mulai dari lomba menggambar, membuat ilustrasi, menulis, infografis, hingga video blog. Asyik banget kan? Manfaatkanlah kesempatan ini untuk mencari sebanyak-banyaknya lomba yang sesuai dengan minat, bahkan mencoba hal-hal baru. Percayalah, nanti kalau sudah terbiasa, skill kita akan meningkat karena hasil belajar tadi.

2. Mencoba Part-time

Siapa di sini yang mau part-time, entah di toko, restoran, supermarket, hingga LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)? Selain mendapatkan pengalaman bekerja, juga bisa nambah uang jajanmu lho, Sob. Wah menarik banget kan? Eitss, tapi kalian harus Pandai-pandai mengatur waktu agar persiapan masuk kuliah lebih maksimal. Ingat ya, ada yang masih harus diperjuangkan, yaitu kuliah.

Baca Juga : Insecurity pada millennials: Penyebab dan Cara mengatasinya

3. Merintis Online Shop

Yakin, kalau gap year nggak keren? Jeda kuliah satu tahun ini bisa dimanfaatkan untuk menyentil jiwa wirausaha kalian, Sob! Coba perkaya dengan membaca buku-buku yang menunjang, mengikuti seminar-seminar, dan mendengarkan pengalaman orang lain, dan masih banyak lagi. Setelah itu, praktikkan ilmu-ilmu tadi dengan menjual barang-barang yang Sobat mau. Sobat harus cekatan dan konsisten lho, tapi jangan sampai menyurutkan semangat belajar untuk masuk kuliah ya.

4. Mengajar Les

Banyak sekali teman-teman gap year yang membantu adik-adik sekolah dasar maupun sekolah menengah mengenai pelajaran yang diajarkan di sekolah. Tidak ada salahnya kita sambil mengulangi pelajaran agar besok lebih paham. Selain itu, adik-adik pasti akan senang dibimbing oleh kita yang masih agak seumuran. Dari sini, kita bisa juga mendapatkan banyak koneksi dan pengetahuan-pengetahuan baru. Wah, menarik banget kan, Sob? Jadi, apa rencana kamu selanjutnya? (Lena Sutanti, belajar tentang manusia dan budayanya di Kota Lumpia)

Baca Juga : 4 Gaya Belajar Ekstrovert Untuk Persiapan SBMPTN

Comments are closed.