menjadi data scientist

Jurusan Yang Diperlukan Untuk Kamu Yang Ingin Jadi Data Scientist

Data Scientist adalah profesi yang paling diminati di abad 21 ini. Banyak sekali perusahaan besar menggunakan jasa para data scientist. Pertanyaannya, kenapa?

Perkembangan teknologi yang begitu cepat khususnya mengenai internet dan informasi, membuat perusahaan mulai fokus pada data atau informasi yang begitu banyak. Karena begitu banyaknya, maka muncullah istilah big data.

Big data adalah sekumpulan data yang terkumpul sangat banyak dan beragam jenis dengan volume yang besar. Dalam big data dikenal dengan istilah volume, variety dan velocity. Volume berkaitan dengan jumlah data, variety berkaitan dengan jenis data, dan velocity adalah kecepatan data yang masuk.

Ilustrasi jurusan data scientist -unsplash.com
Ilustrasi big data -unsplash.com

Contoh sederhananya adalah saat Sobat Bias daftar akun instagram. Volume adalah banyaknya akun yang dibuat, variety adalah jenis informasi pada akun baru dan velocity adalah kecepatan akun baru yang dibuat dalam waktu tertentu.

Baca Juga: Info Beasiswa Utusan Daerah IPB

Mungkin, kalo lingkup kota tidak seberapa banyak, kalo lingkup provinsi, negara atau bahkan dunia, bisa sampek milyaran data. Nah, ini diperlukan ilmu tertentu untuk mengolah data tersebut.

Data yang banyak tersebut diolah dan dianalisa oleh seorang data scientist. Tidak hanya menganalisa saja, sata scientist juga melakukan eksperimen data. Gunanya apa kak?

Dari hasil analisa dan eksperimen inilah yang digunakan oleh data scientist untuk memberikan rekomendasi kebijakan kepada perusahaan.

Ilustrasi jurusan data scientist -unsplash.com
Ilustrasi menjadi data scientist -unsplash.com

Kalo ingin jadi data scientist, gimana donk?

Jurusan yang bisa mengasah skill seorang data scientist sebagai berikut,

  1. Statistika, berlatih mengenai analisa dan pengolahan data
  2. Matematika, berlatih mengenai pola pikir (algoritma) dan analisa numerik
  3. Teknik Informatika, berlatih pemrograman baik dari segi perhitungan maupun visualisasi data

Sebenarnya, jurusan apapun bisa menjadi seorang data scientist asal bisa menguasai skill seorang data scientist. Misalnya, beberapa teori dalam statistika, pemrograman khususnya python, machine learning, selain kemampuan teknis juga didukung dengan kemampuan dalam komunikasi, kreativitas maupun pengetahuan tentang bisnis.

Jadi, kalo Sobat Bias sudah terlanjur kuliah di jurusan yang tidak ada background seorang data scientist, dan ingin menjadi seorang data scientist bisa terwujud asal mau untuk belajar secara mandiri. Semangat!

Baca Juga: 7 Tips Belajar Memanfaatkan waktu #dirumahaja ala Traveler

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Comments are closed.