beberapa hal penting menguasai bahasa asing bagi kita

Ini Nih, Pentingnya Menguasai Bahasa Asing

Sobat Bias, apa aja kegiatan kalian selama pandemi ini? Ada yang belajar bahasa asing juga nggak nih kira-kira? Tahu nggak sih, bahasa adalah alat untuk berkomunikasi dan menyampaikan pendapat. Nah, tiap daerah di dunia kan memiliki bahasanya masing-masing. Pengen dong, pastinya buat mengetahui mengenai orang lain di lain daerah. Eits, nggak hanya itu lho! Penasaran kan? Cekidot!

Beberapa manfaat berkomunikasi menggunakan bahasa asing bagi kita.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sobat, sering kali percaya diri muncul karena suatu kelebihan kita yang tak dimiliki atau dikuasai oleh orang lain. Rasa percaya diri yang muncul ketika menguasai bahasa asing ini dapat memicu lebih banyak semangat dalam diri untuk menyelesaikan setiap persoalan dan tantangan ke depannya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kata siapa mempelajari bahasa asing itu mudah? Belajar bahasa asing perlu konsentrasi, kemampuan mengingat, ketrampilan, dan semangat yang tinggi. Itu berarti, orang yang menguasai bahasa asing memiliki jiwa yang tak mudah menyerah dan kemauan belajar yang tinggi.

  1. Meningkatkan Pengetahuan

Sobat, tau nggak sih, sekarang jurnal-jurnal online mengenai berbagai hal; budaya, psikologi, sosial, politik, dan lain-lain banyak tersedia. Nah, mau juga dong bisa membaca jurnal-jurnal internasional. Ya, kita perlu sejenak mencoba belajar bahasa asing agar bisa membaca pengetahuan-pengetahuan yang disediakan. 

Baca juga : Silaturahmi ke Mr. Kalend Osen (BEC Kampung Inggris), Sang Perintis Kampung Inggris

  1. Membuka Kesempatan untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Di era sekarang, banyak perguruan tingi di luar negeri yang mempersilakan orang-orang dari berbagai negara, suku, dan ras itu berkuliah gratis, bahkan dibayar. Nah, tiap tahun orang-orang antre untuk mengambil salah satu langkah besar itu. Beribu orang mengidam-idamkan kuliah di universitas-universitas top di dunia. Nah, kemampuan calon mahasiswa menguasai bahasa asing ini sangat menentukan. Oiya, bagaimana bisa survive jika seseorang tidak bisa berkomunikasi dengan manusia di sekitarnya. Bahasa adalah koentji, Sobat!

  1. Membuka Peluang Bekerja di Perusahaan Multinasional

Pada zaman modern ini, orang-orang bekerja tak mengenal batasan. Jarak itu semu, bekerja bisa di mana saja. Termasuk di perusahaan multinasional. Apakah Sobat Bias sudah membayangkan nanti akan bekerja di mana? Di manapun itu, mempelajari bahasa asing akan menjadi nilai tambah. Iya dong, bayangkan Sobat berkomunikasi dengan orang yang berbeda benua dengan kita. Akan sangat sulit kan kalau tidak belajar mulai dari sekarang? Yasudah, tunggu apa lagi? (Lena Sutanti, Belajar tentang manusia dan budayanya di Kota Lumpia)

Comments are closed.