beberapa skill yang harus dimiliki kalian ketika memulai masa gap year

Ini Nih Skill yang Wajib Kamu Pelajari Ketika Gap Year!

Setelah memutuskan untuk menjadi gap year, tak jarang akan terlintas rasa sedih, merasa tertinggal dari teman-teman, kurang percaya diri, bahkan merasa tidak berguna. Pikiran-pikiran tersebut wajar kok. Cukup diterima, jangan disangkal. Tapi, Sobat Bias bisa melatih kemampuan-kemampuan berikut ini supaya lebih siap menghadapi dunia kuliah, bahkan dunia kerja. Cuz!

Berikut beberapa skill yang wajib untuk dipelajari ketika pada masa gap year

1. Public Speaking

Bagi sebagian orang, ini merupakan mimpi buruk. Tidak semua orang mampu percaya diri berbicara di depan khalayak ramai. Namun, jangan khawatir, kemampuan public speaking dapat diperoleh dengan latihan secara konsisten. Hindari menghafal, kita harus mampu menguasai materi dan menyederhanakan bahasanya. Jika takut lupa atau mendadak berhenti, buatlah catatan berisi poin-poin, Sob.

2. Kemampuan Bahasa Asing

Bahasa merupakan jembatan untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, dan perasaan kepada orang lain. Dengan memiliki kemampuan menuturkan bahasa asing, kita mampu memahami keadaan orang-orang di luar negeri. Kok bisa? Iya dong, lebih banyak yang bisa kita baca dan pergaulan akan lebih luas. Sempatkanlah untuk mempelajari kosakata baru setiap harinya. Harus konsisten ya, Sob!

3. Menulis

Tidak semua orang mampu mengungkapkan apa yang ia pikirkan ke dalam sebuah tulisan. “Gimana kalau tidak ada yang bisa kita tulis?” Ayo Sob, jangan malas untuk membaca, karena membaca adalah salah satu bekal agar kita mampu menulis dengan baik. Selain itu, maknai setiap detik dalam hidup kita dan amati keadaan di sekitar. Menulis berangkat dari keresahan yang hendak disuarakan. Tulis keresahanmu Sob, perbanyak latihan, dan tak lupa meminta masukan dari teman.

4. Networking

Membangun jaringan hukumnya wajib, Sob. Jangan pilih-pilih teman, berkomunikasilah dengan semua orang tanpa mengesampingkan kesopanan. Bagi Sobat Bias yang memilih gap year, memiliki jaringan yang luas sangat penting untuk membangun sebuah karier. Semakin luas jaringan yang dibangun, semakin banyak pula peluang, kesempatan, dan pilihan yang dimiliki. Jangan malas untuk datang ke event-event, seminar-seminar, mengikuti kegiatan volunteering, dan lainnya.

5. Mengelola Media Sosial

Skill mengelola media sosial menjadi sangat penting karena saat ini kehidupan kita tak bisa dipisahkan lagi dengannya. Keberadaan media sosial ini bisa menciptakan hubungan dengan pelanggan, branding, dan keperluan strategi pemasaran. Yuk, perlahan amati media sosial yang sedang digunakan dan lihat karakteristik penggunanya. Kemampuan dasar di bidang media sosial mencakup penggunaan tools media sosial, tools untuk analisa, iklan, jenis konten, dan waktu untuk mengunggah agar penggunaan media sosial bisa optimal.Wah, kesempatan banget nih buat belajar, Sob! Manfaatkan gap year-mu untuk meningkatkan skillskill di atas agar besok lebih siap berkuliah dan bekerja, Semangat ya! (Lena Sutanti, Belajar tentang manusia dan budayanya di Kota Lumpia)

Comments are closed.