Ilustrasi - Solusi Belajar Daring Saat Internet Terbatas

Solusi Belajar Daring Saat Internet Terbatas

Pernah nggak Sobat Bias mengalami yang namanya hidup terasa hampa akibat kuota internet akan habis? Susah sinyal? Buka ini itu nggak bisa? Seakan-akan terisolasi dari dunia luar? Dan harus belajar daring dengan internet terbatas?

Lalu, kelas lagi jalan, eh kuota udah mau abis atau internet lagi lemot. Duh, nasib-nasib.

Apa dosa hamba ya Allah….

Belum lagi kalo mau beli kuota harus pergi ke tempat agak jauh. Lalu di pintu keluar desa sudah di portal, disemprot desinfektan dulu kalo mau keluar atau masuk desa.

Ada yang pernah ngalamin? Duh, kok sedih ya… hiks,..

Apalagi harus dituntut untuk belajar biar bisa mengerjakan soal UTBK? Allahu Akbar,…

Hemm,.. tetap tenang ya Sobat Bias habis gelap terbitlah terang, kayak judul buku kumpulan surat R.A Kartini, hehehehe…  

Meskipun berada dalam keadaan “miris”, inget ya, ada tanda kutipnya. Jangan patah semangat, meskipun dengan keterbatasan tersebut, Sobat Bias bisa tetep belajar kok…

Gimana caranya kak?

Begini nih,…

Baca Juga: 7 Tips Memanfaatkan Waktu #dirumahaja ala Traveler

Manfaatin Media Sosial

Sobat Bias pasti punya grup belajar di Telegram atau WhatsApp kan? Nah, grup itu akan sangat membantu Sobat Bias dalam Belajar. Meskipun agak kurang maksimal, terutama pelajaran eksak minimal bisa untuk diskusi dan dapet wawasan baru.

Diskusi bisa dilakukan dengan teman dan pengajar di grup atau lewat private message. Kebanyakan koneksi yang dibutuhkan media sosial relatif lebih kecil, nggak butuh internet yang kenceng. Jadi, lebih mudah untuk mengakses isinya, apalagi kalo berbasis text.

Instagram maupun facebook juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran loh. Banyak sekali konten yang bermanfaat mulai dari pelajaran, skill tertentu ataupun pengetahuan umum. Tinggal di screenshot dan simpan di gawai Sobat Bias, biar bisa diakses kapan saja. Yang penting, jangan buka yang lain juga ya, fokus pada belajar, inget kuota terbatas, hehehe…

Unduh Aplikasi Luring (offline)

Kak, kalo kuotanya hilang pergi sama yang lain gimana donk?

Aelah, bucin mania! Wkwkwkwk,…

Tenang, sebelum masa gelap bener-bener gelap, Sobat Bias bisa mengunduh aplikasi android, komputer, website atau youtube yang berisi materi pembelajaran luring. Jadi, meskipun tidak ada kuota internet, Sobat Bias masih bisa belajar.

Yang perlu dipersiapkan adalah memori gawai harus cukup juga ya, biar bisa disimpen. Kenangan yang nggak penting, yang bikin sedih, yang unfaeah dipindahin atau dihapus aja, sudah saatnya untuk menatap harapan baru. Uhuk… wkwkwkwk…

Membaca Buku dan Catatan

Terakhir nih yang paling klise sob, buku dan catatan itu alat paling bisa diandalin deh pokoknya. Sejak zaman Socrates sampek Mas Menteri sekolah, buku dan catatan adalah alat belajar yang paling sering dipake. Jadi, silahkan Sobat Bias buka kembali buku dan catatannya, diulang-ulang lagi materi yang sudah disampaikan oleh tutor.

Silahkan diawali dari konsep yang paling dasar, diulangi lagi dipahami sampek bener-bener paham. Bila ada pertanyaan, ditulis dulu aja sampek ada kuota internet yang turun dari langit, hehehe,… Kalo udah baru dimanfaatkan untuk mencari materi yang belum kita pahami atau nanya temen maupun tutor.

Inget ya, fase ini sangat ditentukan oleh keseriusan Sobat Bias semuanya, mengingat semua harus dilakukan secara mandiri. Hikmahnya adalah Sobat Bias bisa berlatih lebih awal untuk menjadi mahasiswa mandiri.

Alangkah baiknya jika kita manfaatkan momen ini untuk berlatih apapun, sehingga saat pandemi korona diangkat Aamiin,… Sobat Bias sudah siap masuk perguruan tinggi.

Baca Juga: Pola Hidup Sehat ala Pelajar Anak Rantau

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Comments are closed.