choose

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kampus

Hai Sobat Bias, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Gimana persiapan masuk kuliannya? Semoga aman ya. Selain mempersiapkan materi yang akan diujikan jangan sampai kalian terlena untuk mempersiapkan jurusan yang akan kalian ambil. Oh ya, pernah  nggak dengar kasus tentang salah jurusan? Pernah juga nggak ada ketakutan untuk memilih karena takut dianggap nggak keren pilih jurusan kuliah? Mungkin bagi kalian sobat ambis sudah sering mendengar tentang kasus-kasus ini ya. Nah pada kesempatan kali ini akan membahas serba-serbi memilih jurusan kampus.

Nah artikel ini sengaja dibuat untuk kalian sobat pejuang kampus, yuks simak cara memilih jurusan kampus.

1. Kenali Diri Kalian dan Kelebihan Kalian

Di lingkungan masyarakat banyak opini yang muncul, bahwa orang yang pintar itu orang yang pandai berhitung dan orang yang sukses kalau kuliahnya berhubungan dengan hitung menghitung dan kesehatan. Eits, jangan sampai membuat down kalian para pejuang kuliah ya. Percaya bahwa kalian itu tercipta LUAR BIASA. Jangan pernah menganggap kalian adalah orang yang lemah karena hal ini juga akan membuat psikis menjadi tertekan dan tidak semangat untuk berjuang.

2. Cari Passion Kalian

Mencari bidang yang membuat kalian nyaman dan tertarik atau bisa disebut mencari passion ya. Apa sih Passion? Passion adalah hal yang jika kita lakukan itu tidak membuat kita bosan sehingga kita menjadi nyaman melakukannya. Setiap orang pasti memiliki passion-nya masing-masing. Jadi, 

3. Jangan ikut-ikutan

Nah ini nih yang sering terjadi, saat memilih jurusan kampus biasanya kita ikut-ikutan tren biar keliatan wow atau ikut-ikutan teman. Tren ikut-ikutan teman biasanya terjadi karena sudah bingung memilih dengan jurusan yang ada di universitas dan  takut jikalau di universitas nantinya tidak punya sahabat karib. Udah pupusin statement itu ya, nanti di kampus bakal punya banyak kenalan kok, ganteng-ganteng dan cantik-cantik hihi

4. Sesuaikan dengan Kemampuan

Punya target yang sesuai dengan kemampuan itu sangat bagus. Tetapi Sobi jangan lupa juga untuk tetap menyesuaikan dengan kemampuan. Jadi setiap jurusan memiliki rumpun atau konsentrasi nah silakan cari tahu dan cari yang cocok ya. Misal kasus seperti Bunga, Bunga sangat ingin masuk jurusan yang berhubungan dengan bahasa pemrograman yaitu Teknik Informatika. Tetapi nilai Tryout-nya masih belum memenuhi target Teknik Informatika, nah untuk mencari jurusan kedua yang memiliki rumpun yang sama bisa mengambil Matematika konsentrasi komputasi matematika. Nah jadi dalam memilih jurusan kampus bisa disesuaikan sesuai dengan passion atau keinginan tetapi peluang masuknya juga lebih besar.

5. Berdiskusi dengan Orang Terdekat

Oke hal yang tidak kalah penting adalah berdiskusi dengan orang terdekat. Definisi orang terdekat banyak ya, hehe. Bisa orang tua, kakak, saudara yang lebih dewasa, sahabat, guru BK atau juga Mentor kita. Nah kenapa sih harus diskusi sama orang lain? Kadang orang lain itu juga tau kelebihan kita dan yang pasti orang berikut sudah bernah memiliki pengalaman yang lebih banyak kita.

6. Berdamai dengan Orang Tua

Nah, pemilihan jurusan ini tidak lepas dari peran orang tua sebagai sponsor utama dalam pendidikan kita ya. Jadi jika kalian masih berbeda pendapat kalian harus berdiskusi dalam memilih jurusan kampus mengenai apa kelebihan jurusan pilihan kalian dan coba tanya apa yang orang tua kalian inginkan. Sedikit tips dari mimin, ketika diskusi coba kalian buat gambaran jurusan kalian, kelebihan jurusan, prospek kerja jurusan yang kalian pilih dan paparkan target-target studi dan karir kalian jika memilih jurusan tersebut.

Oke sekian tips dan trik memilih jurusan ya, Semoga bermanfaat.

BIAS, Belajar Itu Asyik Sekali.

(by Chusnul Khotimah – Mathematics Tutor)

Comments are closed.