beberapa cara tips dan trik dalam melakukan pemilihan jurusan untuk kuliah bagi gap year

Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Para Gap Year

Nih beberapa tips memilih jurusan kuliah – Sobat Bias, sudah memiliki gambaran untuk memilih jurusan kuliah belum? Menurut Sobat, apakah jurusan kuliah lebih penting daripada perguruan tingginya? Ya, itu tergantung preferensi masing-masing. Tapi, kalau boleh menyarankan nih ya, tolong cermati banget apa yang hendak kita pilih untuk dipelajari beberapa tahun ke depan. Syukut-syukur bisa berkuliah di jurusan yang tepat di perguruan tinggi yang diidam-idamkan.

Sobat Bias, apa aja sih yang perlu diperhatikan ketika hendak memutuskan memilih jurusan kuliah?

  • Pastikan Sobat mencari tahu mengenai mata kuliah yang akan diajarkan

Hah, gimana cara nyarinya? Sobat bisa mengunjungi website fakultas masing-masing. Di situ lah mata kuliah yang dipelajari di jurusan tersebut ditampilkan. Setelah itu, coba browsing, dan simpulkan, apakah mata kuliah ini mendukung cita-cita dan membuat diri kita tertantang?

Selain mencari di website fakultas, kalian bisa bertanya langsung dengan kakak tingkat di jurusan tersebut atau berselancar mencari video di YouTube, dengarkan cerita dari mahasiswa maupun dosen tersebut.

Baca juga : 4 Gaya Belajar Ekstrovert Untuk Persiapan SBMPTN

  • Jangan ikut-ikutan teman

Sobat tentunya tidak mau kan mengorbankan masa depan diri sendiri dengan memilih jurusan yang “nggak kamu banget” hanya karena mengejar prestise atau biar bisa bareng dengan teman-temannya. Jangan sampai lah memilih jurusan hanya karena gengsi, nantinya malah kesulitan mengikuti proses perkuliahan selama beberapa tahun. Ngeriiiiii.

  • Buang jauh-jauh keinginan memilih jurusan hanya karena prospek finansial

“Jurusan yang gajinya gede tuh apa aja?” Hadehhhh, sempit banget. Uang memang penting, tapi jangan sampai deh kalau karena hal tersebut kita tersiksa. Pilih jurusan yang di mana kalian bisa menjadi orang yang lebih terbuka dan siap menerima ilmu yang akan diajarkan nanti. Di dunia ini tidak ada yang instan, semua butuh proses.

  • Mengajak diskusi keluarga, teman dekat, orang yang dipercaya, atau psikolog

Ini penting banget Sobat. Mungkin orang tua, teman dekat, dan psikolog bisa membantu mengetahui minat dan memberi saran jurusan yang tepat. Jadikan insight yang mereka berikan itu sebagai referensimu. Pikirkan matang-matang ketika memilih jurusan. Kalau sudah menentukan jurusan yang sesuai, jangan lupa mengoptimalkan usaha dan mempersiapkan ujian yang akan datang jauh-jauh hari. Semoga berhasil! (Lena Sutanti, Belajar tentang manusia dan budayanya di Kota Lumpia)

Baca juga : Tips dan Trik Memilih Jurusan Kampus

Comments are closed.