bimbel karantina sbmptn

Tips Sukses Bimbel Karantina SBMPTN [Yang Terlewatkan]

Hai Sobat Bias? Sudah sudah siap untuk UTBK? Apa nih yang sudah dilakuin? Udah berlajar di Bimbel Karantina SBMPTN? Udah ikut belajar online? Lalu bagaimana dengan hasilnya? Maksimalkah? Ataukah masih belum? Padahal materi yang dibahas sudah banyak dan masih segini-gini aja?

Mimin yakin, pertanyaan itu akan sering menghantui Sobat Bias semua terutama masa-masa injury time tes UTBK, lalu caranya gimana ya kak biar maksimal belajarnya? Padahal tips dan trik udah banyak bertebaran dimana-mana, nasehat sudah banyak didengar dan dilaksanakan. Tapi, terkadang hanya berjalan sebentar dan habis itu, kembali lagi ke keadaan awal.

Ilustrasi Bimbel karantina sbmptn -unsplash.com
Ilustrasi Fokus belajar -unsplash.com

Tahu nggak dari semua tips dan trik untuk sukses dalam belajar persiapan UTBK dan SBMPTN semua berlandaskan pada satu hal, yaitu Keseriusan. Iya sebuah keseriusan adalah kata kunci yang melandasi semua cara jitu lolos SBMPTN. Langkah-langkah sukses dan jitu dalam mengerjakan soal UTBK maupun lolos SBMPTN akan sia-sia ketika tidak ada yang namanya keseriusan.

Karena keseriusan akan mengokohkan langkah untuk bergerak. Belajar tidak hanya sekedar belajar, melainkan belajar dengan efektif dan efisien. Tentu, dalam belajar tidak mengandalkan cara-cara instan, karena hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat. Dengan keseriusan, sebuah keterbatasan bisa menjadi peluang dan meningkatkan kreativitas, baik dalam memahami materi maupun dalam menyelesaikan soal.

Insecurity Pada Millennials: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bukti sebuah keseriusan akan termanifestasikan dalam bentuk,

Keyakinan

Keyakinan yang kuat dan kokoh akan mendorong untuk lebih giat dalam belajar. Keyakinan yang kuat mengenai sukses UTBK akan menjadi suluh dalam membakar semangat berlatih dengan terus-menerus. Sebagaimana istilah MESTAKUNG (Semesta Mendukung), alam akan ikut membantu Sobat Bias dalam memudahkan jalan sukses masuk di kampus impian. Sang Pencipta akan menggerakkan alam untuk ikut mendo’akan pejuang yang bersungguh-sungguh dan membukakan jalan dengan caraNya yang indah.

Manajemen Belajar SBMPTN

Memetakan mapel yang sudah bisa sampai yang belum bisa, memetakan bab apa saja dari materi yang belum dikuasai akan dengan sendirinya dilaksanakan. Belajar bukan lagi sekedar aktivitas membaca atau mengerjakan soal, tetapi meliputi manajemen belajar itu sendiri. Dengan membuat strategi untuk efisiensi dalam belajar. Perang bukan hanya sekedar mengayuhkan pedang, tapi bagaimana mengatur strategi kemenangan. Begitu juga dengan belajar persiapan SBMPTN.

Ilustrasi Bimbel karantina sbmptn -unsplash.com
Ilustrasi Manajemen belajar -unsplash.com

Mengulang Materi SBMPTN

Terkadang, eh bukan sih tapi lebih ke sering materi yang sudah dipelajari dan lama nggak dibuka lagi akan lupa. Bisa jadi masih ingat, tetapi butuh waktu lama untuk mengingat-ingatnya lagi. Padahal waktu ujian sangat terbatas. Dengan mengulang akan mengokohkan ingatan sehingga dalam mengerjakan soal akan lebih cepat bahkan sangat cepat. Satu soal bisa dikerjakan hanya dengan setengah menit atau beberapa detik saja.

Mengajar

Yang terakhir kadang sedikit berat untuk dilakukan. Kenapa? Bagaimana bisa ngajar, kalo paham aja susah? Dalam mengajar ada sebuah keajaiban. Apa itu? Munculnya banyak pertanyaan dan kata “Oh iya ya”. Kok bisa seperti itu? Pada saat belajar saja, otak memahami materi dengan pasif, tetapi pada saat mengajar otak akan dengan aktif untuk mendapatkan logika yang jelas dalam materi atau soal yang kita sampaikan.

Ilustrasi Bimbel karantina sbmptn -unsplash.com
Ilustrasi Belajar dengan mengajar -unsplash.com

Ditengah-tengah mengajar, akan muncul banyak sekali pertanyaan, “Eh iya, maksutnya kata ini apa ya? Eh iya, cara ndapetin ini dulu darimana ya?” dan sederet pertanyaan lain yang sering muncul. Dan ini akan membantu dalam proses belajar, bukan pertanyaan umum bab ini saya nggak paham  tapi lebih spresifik lagi. Karena dengan pertanyaan yang spesifik, akan memudahkan untuk mencari jawaban dan mengokohkan pemahaman.

Selain itu, juga akan menemukan apa yang selama ini nggak kita pahami, tanpa sengaja ketemu jawabannya saat mengajar. Dan ini sering dialami. Selain itu, menguatkan pemahaman kita mengenai materi tersebut. Yang terpenting niatkan juga untuk membantu sesama pejuang kuliah. Nah, dengan bergabung di Bias Education, Salah satu bimbel karantina sbmptn, Sobat Bias akan mendapatkan fasilitas yang lengkap untuk belajar materi, dibimbing dalam manajemen waktu dan memfasilitasi dalam Belajar dengan Mengajar. Karena Bias yakin bahwa dengan belajar dengan mengajar, akan memangkas waktu belajar sehingga dalam waktu singkat bisa menguasai banyak materi dan soal.

Daftar Sekolah Kedinasan Yang Buka Bulan Juni

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Comments are closed.