5 Persiapan UTBK-SNBT Agar Lolos dengan Nilai Tinggi

siap utbk snbt

Ingin lolos seleksi UTBK-SNBT? Kamu harus mempersiapkannya sedini mungkin. Persiapan UTBK-SNBT harus kamu lakukan mulai dari sekarang, tidak perlu menunggu waktu mendekati tes.

UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer yang harus dilalui oleh setiap calon mahasiswa baru di PTN. Ujian ini seringkali menjadi momok yang menakutkan. Bukan hanya karena soalnya yang sulit tapi tingkat tekanannya juga tinggi.

Kamu yang ingin masuk PTN harus mempersiapkan UTBK ini sedini mungkin. Persiapan yang perlu kamu lakukan agar bisa lolos UTBK-SNBT yaitu:

  1. Cari Informasi Lengkap Tentang UTBK-SNBT

Persiapan pertama dan paling utama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi lengkap mengenai pendaftaran UTBK-SNBT. Informasi ini bisa kamu dapatkan melalui portal LTMPT. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai syarat dan jadwal UTBK.

Walaupun terlihat sederhana, tapi persiapan ini sangat penting. Kamu harus tahu terlebih dahulu informasi mengenai pendaftaran dan mencatat tanggal-tanggal pentingnya.

  1. Pilih dan Analisis Jurusan yang Kamu Tuju

Persiapan yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memilih dan melakukan analisis jurusan yang kamu tuju. Sebelum mendaftar UTBK sebaiknya kamu sudah memilih jurusan yang kamu tuju.

Jurusan ini nantinya akan mempengaruhi persiapan belajar kamu dalam menghadapi UTBK. Belajar persiapan UTBK Saintek dan Soshum tentu berbeda bukan?

Oleh karena itu, kamu harus memilih jurusan dengan matang dan sesuai dengan minat. Kamu masih bingung untuk menentukan jurusan? Cek ini agar kamu bisa memilih jurusan dengan tepat.

  1. Latihan Soal dengan Komputer

Setelah tahu akan memilih jurusan maka persiapan selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah latihan mengerjakan dengan komputer. Sesuai dengan namanya, mengerjakan soal UTBK pasti menggunakan komputer. Dengan berlatih mengerjakan dengan komputer langsung bisa membuat kamu lebih terbiasa.

  1. Sering Mengerjakan Soal Level HOTS

Soal UTBK mempunyai tingkatan yang berbeda-beda, mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Kamu tidak hanya belajar soal-soal yang mudah saja, kamu juga harus belajar mengerjakan soal HOTS.

HOTS merupakan soal tingkatan sulit yang sering muncul di UTBK. Walaupun jumlah soal ini sedikit tapi kamu harus tetap mempelajarinya.

  1. Ikut Bimbel Khusus UTBK

Tidak cukup hanya belajar soal sendiri, apalagi untuk mengerjakan soal HOTS. Kamu juga membutuhkan bimbingan agar bisa mengerjakan soal UTBK bukan?

Oleh karena itu, mengikuti bimbel khusus UTBK juga menjadi salah satu bagian dari persiapan menghadapi UTBK-SNBT. Kamu yang ingin ikut bimbel khusus UTBK bisa langsung cek di sini.

Selain melakukan persiapan seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga perlu meningkatkan rasa percaya diri. Jangan menyerah sebelum kamu mencobanya. Kamu harus tetap optimis untuk membangun rasa percaya diri agar mendapat nilai UTBK yang tinggi.

Dengan melakukan persiapan UTBK-SNBT dan tetap optimis pasti hasilnya akan memuaskan. Setidaknya kamu sudah berusaha seoptimal mungkin agar bisa lolos UTBK-SNBT.

Picture of Bias Education
LBB Bias Education adalah lembaga bimbingan belajar yang berkomitmen untuk membantu para siswa mencapai kesuksesan akademik dan meraih impian mereka. Dengan tim pengajar yang berkualifikasi dan berpengalaman, kami menyediakan program bimbingan yang komprehensif untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Bergabunglah dengan LBB Bias Education dan bersama-sama kita akan meraih masa depan yang gemilang!

Bagikan artikel ini:

Artikel Lainnya