Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok Dengan Kita

Bingung Milih Jurusan

Sudah waktunya menentukan jurusan kuliah namun tidak tahu harus memilih jurusan apa? Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kita sehingga kuliah bisa lebih semangat?

Seperti yang kamu ketahui, menentukan jurusan kuliah harus tepat karena kamu akan menghabiskan waktu 4 tahun untuk mendalami bidang tertentu.

Bagi sebagian orang, menentukan jurusan kuliah tidaklah semudah itu. Apakah kamu juga masih kesulitan memilih jurusan kuliah? Tidak perlu galau lagi, berikut ini adalah beberapa cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat yang bisa membantu.

1. Cari Tahu Apa Passion Kamu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan jurusan kuliah sesuai dengan passion. Misalnya kamu suka menggambar, maka kamu bisa memilih jurusan seni, DKV atau bahkan arsitektur.

Jika kamu suka berdebat, senang menonton berita dan mengetahui informasi terbaru, pilihan jurusan yang cocok ialah komunikasi, hukum hingga HI.

Namun, bagaimana jika kamu sendiri tidak tahu apa yang sebenarnya menjadi ketertarikan kamu? Hal ini yang sering dialami oleh para siswa dimana mereka tidak tahu apa passion mereka.

Sesungguhnya setiap orang memiliki ketertarikan yang lebih pada bidang tertentu, hanya saja kamu belum menemukannya.

Coba terus lebih aktif lagi mengeksplorasi berbagai hal dan mencoba banyak hal baru. Kamu pasti akan menemukan suatu bidang yang lebih disukai dan tertarik untuk mendalaminya.

2. Kenali Jurusan yang Akan Diambil

Photo by Unseen Studio on Unsplash

Kamu sudah menemukan hal yang menurutmu adalah passion, lalu selanjutnya kamu bisa mencari jurusan apa yang sekiranya sesuai.

Kamu suka pelajaran Biologi, lalu apakah kamu harus memilih jurusan kedokteran?

Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu jurusan, maka kenali dulu jurusan tersebut. Kamu bisa membaca artikel di internet atau bertanya dengan kakak kelas untuk konsultasi jurusan kuliah.

Tanyakan kepada senior, apa sih sebenarnya yang dipelajari dalam jurusan kedokteran, apakah banyak materi yang harus dipelajari hingga bagaimana konsekuensi untuk menjalani jurusan tersebut.

Apabila kamu sudah mencari banyak informasi dan siap dengan semua konsekuensi, maka tidak masalah.

Namun, apabila masih ragu ragu jangan sungkan untuk melihat jurusan yang lain dan lakukan perbandingan.

3. Perhatikan Prospek Jurusan

Photo by Redd F on Unsplash

Salah satu hal yang diperhatikan dalam memilih jurusan ialah prospek dari jurusan tersebut. Tentu saja, salah satu alasan untuk berkuliah adalah untuk mengembangkan diri dan mencari pekerjaan.

Kamu bisa melihat bagaimana prospek pekerjaan yang dipilih apakah masih banyak yang membutuhkan untuk 5 sampai 10 tahun kedepan.

Namun, meskipun prospek jurusan penting kualitas diri juga tidak kalah penting. Selama berkuliah nanti, jangan ragu untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Bagaimana, apakah kamu sudah mulai tahu bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat?

Tidak perlu terburu buru, lakukan tips tips di atas agar kamu bisa menemukan jurusan kuliah yang tepat. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan orangtua dan mendiskusikan tentang masa depan. Semoga cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kita dapat membantu kamu untuk menemukan jurusan yang tepat. Tetap semangat dan jangan berhenti belajar!

Picture of Bias Education
LBB Bias Education adalah lembaga bimbingan belajar yang berkomitmen untuk membantu para siswa mencapai kesuksesan akademik dan meraih impian mereka. Dengan tim pengajar yang berkualifikasi dan berpengalaman, kami menyediakan program bimbingan yang komprehensif untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Bergabunglah dengan LBB Bias Education dan bersama-sama kita akan meraih masa depan yang gemilang!

Bagikan artikel ini:

Artikel Lainnya